Minggu, 04 Oktober 2009

Makalah Elemen-elemen Dasar Sistem komputer

TUGAS MANDIRI I

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

ELEMEN – ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

KELOMPOK III

ANDRE

SUHANDI

RONI SETIAWAN

MARDI

KAMIL SASTRADIPURA

KELAS : TI 1A

DOSEN : JOHANES FERNANDES ANDRY

STMIK INTI INDONESIA

2009 – 2010

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada, karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tepat pada waktunya.

Kekurangan pengetahuan terhadap komponen-komponen didalam komputer, kadang- menjadi suatu masalah bagi pemakai komputer untuk merakit sebuah komputer sesuai dengan kebutuhan dan keuangan. Untuk itu pengetahuan mengenai Kinerja pada elemen-elemen yang terdapat didalam komputer merupakan factor penting agar dapat merakit komputer sesuai dengan kebutuhan si pemakai. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ELEMEN – ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Metode Penulisan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

BAB II PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Pengenalan Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Jenis – Jenis Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Data dan Informasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Sistem komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

BAB III ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Hardware . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Software . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Brainware . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Bagian Dasar Komputer (Komponen-Komponen Komputer) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Kemampuan dan keterbatasan Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Perawatan Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Piranti Lunak Komputer . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Piranti Lunak Sistem . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Piranti Lunak Aplikasi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Instalasi dan Eksekusi Program. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


BAB III PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME dan sebagai wakil Tuhan di bumi yang menerima amanat-Nya untuk mengelola kekayaan alam. Sebagai hamba Tuhan yang mempunyai kewajiban untuk beribadah dan menyembah Tuhan Sang Pencipta dengan tulus dan juga menuntut ilmu


Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.


Metode Penulisan

Penulis mempergunakan metode observasi dan kepustakaan. Cara-cara yang digunakan pada penelitian ini adalah : Studi Pustaka Dalam metode ini penulis membaca buku-buku yang berkaitan dengan penulisan makalah ini dan browsing di internet.

BAB II

PEMBAHASAN

PENGENALAN KOMPUTER

1. Pengertian Komputer

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.

Komputer (computer) adalah perangkat elektronik, beroperasi dibawah perintah pengendali yang disimpan pada memori komputer, dapat menerima data, memproses data berdasarkan aturan tertentu, mencetak hasilnya, dan menyimpan data untuk penggunaan di masa depan

2. Jenis - jenis Komputer

Semakin berkembangnya zaman komputer pun semakin berkembang sehingga bentuk dan pemanfaatannya lebih optimal. Yang biasa kita gunakan saat ini adalah micro komputer atau personal komputer. Berbagai jenis komputer sebagai berikut :

n Super computer

n Mainframe computer

n Mini computer

n Micro computer, Personal Computer

¨ Desktop casing

¨ Minitower, mid-tower, tower casing

n Workstation : station (komputer tempat) bekerja.

n Notebook computer

n Personal Digital Assistant(PDA) / palmtop computer

n Cellular Phone

n Tablet PC

n Cluster computer : beberapa komputer (biasanya PC) bekerja bersama sebagai satu virtual computer.

3. Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Komputer

Masyarakat telah mendapat banyak keuntungan dari penggunaan komputer. Kebanyakan pengguna dari kalangan bisnis dan rumahan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang cukup karena mereka telah mendapatkan akses instan terhadap informasi dari manapun didunia. Pengguna (user) adalah seorang yang berkomunikasi dengan komputer. Mahasiswa adalah salah satu bentuk pengguna.

Keuntungan

Keuntungan dari komputer dimungkinkan karena komputer mempunyai keunggulan dalam kecepatan, kepercayaan, konsistensi, penyimpanan, dan komunikasi.

Kerugian

Beberapa kerugian menggunakan komputer terkait dengan pelanggaran kerahasiaan pribadi, dampak terhadap tenaga kerja, resiko kesehatan dan terhadap lingkungan.

4. Data dan Informasi

Komputer memproses data menjadi informasi. Data adalah kumpulan dari suatu yang belum diproses dapat berupa teks, angka, audio, dan vidio. Informasi (information) adalah data yang sudah diolah yang memiliki arti dan berguna bagi orang-orang

Siklus Sistem Informasi

Komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Sebuah komputer terkadang menyimpan data, informasi, dan perintah dalam tempat penyimpanan untuk digunakan dimasa depan. Perintah merupakan langkah-langkah yang mengatakan kepada komputer cara mengerjakan tugas tertentu. Beberapa orang menghubungkan rangkaian input, proses, output, dan media penyimpanan sebagai siklus pemrosesan informasi (information processing cycle). dan baru-baru ini, komunikasi juga menjadi elemen penting dari siklus pemrosesan informasi.

5. Sistem Komputer

Adalah kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan yang telah didesain untuk bekerja sama secara baik.

Komponen-komponen pada suatu sistem komputer dapat dibagi dalam dua kategori utama: hardware, software dan brainware.

ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

Elemen dasar sistem komputer terdiri dari :

- Hardware
- Software
- Brainware

HARDWARE :

Perangkat keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. pada suatu sistem komputer adalah termasuk semua komponen-komponen fisik dari komputer itu sendiri, juga keyboard, mouse, monitor, speaker, dan lain-lain. Agar hardware komputer dapat berfungsi dengan baik, suatu komputer memerlukan program. Program terdiri dari daftar instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer bagaimana melakukan keempat operasi pada siklus pemrosesan informasi dalam rangka menjalankan suatu tugas atau kegiatan tertentu.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

SOFTWARE :

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Software / perangkat lunak, secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang. (Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb). Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras. Contoh perangkat lunak: program akuntansi, program MS Office, dsb.

Pengembangan software berbasiskan open source, saat ini telah menjadi suatu fenomena tersendiri. Model ini telah berkembang sejak awal mula perkembangan teknologi komputer, namun kini telah menjadi semakin populer terutama berkat pemakaian Internet di berbagai bidang. Banyak software-software yang mendukung Internet merupakan software open source. Gema open source pun telah sampai hingga Indonesia, terbukti dengan mulai munculnya proyek-proyek yang bersifat open source, berkisar dari proyek pengembangan software hingga pembuatan dokumentasi. Perkembangan ini tentu saja sangat membanggakan. Namun demikian pengembangan software berbasiskan open source di Indonesia masih memiliki banyak hambatan yang sewaktu-waktu dapat mengancam kelangsungannya, oleh karena itu diperlukan langkah-langkah yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengatasinya.

Saat ini open source telah menjadi suatu tren dan berita besar di berbagai media massa. Berbagai perusahaan perangkat lunak besar, seperti IBM, Oracle, Sun, pun berbondong-bondong mengumumkan bahwa produk-produk yang dihasilkannya adalah produk open source. Namun demikian apakah sebenarnya open source tersebut.

n Software Sistem :

¨ Sistem Operasi (OS) : Windows, MacOS, Linux, BSD, Unix, dsb

¨ Bahasa Pemrograman : asembly, pascal, C, C++, perl, php, java, dsb

¨ Sistem Utiliti : scandisk, fdisk, dsb

n Software Aplikasi

¨ Custom-made Software(software yang dibangun sesuai kebutuhan)

¨ Commercial Software / Package Software :

n wordprocessor,

n desktop publishing,

n spareadsheet,

n database management system,

n graphics software, dsb

BRAINWARE :

Di dalam komputer terdapat 2 perangkat yaitu Perangkat Lunak (Software) dan Perangkat Keras (Hardware). Tetapi dewasa ini, telah lahir sebuah perangkat yang telah dipadukan oleh manusia sebagai pemakainya. Perangkat tersebut disebut dengan nama Perangkat Akal (Brainware). Perangkat akal (brainware) itu sendiri adalah sebuah Istilah yang digunakan untuk manusia (user) yang berhubungan dengan sistem tersebut. Untuk lebih mudahnya,perangkat akal (brainware) adalah orang yang menggunakan komputer itu sendiri. Manusia (user) merupakan suatu elemen dasar dari sistem komputer setelah hardware dan software. Maksudnya adalah bila tidak ada manusia maka sebuah komputer tidak bisa digunakan sebagaimana yang diharapkan. Jadi manusia adalah orang yang merancang bagaimana suatu mesin tersebut dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan atau yang diharapkan.

Perangkat Akal ini digolongkan menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  1. Sistem Analisis

*.Beberapa pengertian dari sistem analisis :

-. Orang yang Bertugas untuk menganalisis masalah yang berhubungan dengan komputer serta merancang sistem komputer.

-. Seseorang yang menggunakan pengetahuan aplikasi komputer yang dimilikinya untuk memecahkan masalah-masalah bisnis,dibawah petunjuk manajer sistem.

-. Seseorang yang bertanggung jawab untuk menterjemahkan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem (user) itu sendiri kedalam spesifikasi teknik yang diperlukan oleh programmer dan diawasi oleh manajemen.

*. Fungsi sistem analisis :

-. Mengidentifikasi masalah-masalah dari pemakai/user.

-. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.

-. Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.

-. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dengan permintaan user.

*. Tugas-tugas umum dari sistem analisis :

-. Mengumpulkan dan menganalisis formulir,dokumen,file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan.

-. Menyusun dan menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada user.

-. Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer.

-. Menganalis dan menyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru.

-. Mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sebuah sistem yang baru.

*. Langkah kerja sistem analis :

-. Tahap mengidentifikasi masalah kebutuhan user.

-. Tahap melaksanakan studi kelayakan.

-. Tahap analisis dan rancang sistem.

-. Tahap penerapan sistem.

-. Tahap evaluasi dan pemeliharaan.

  1. Programmer

Orang yang bertugas untuk membuat program yang akan diterapkan pada komputer.

*. Tugas programmer

Pekerjaan dari seorang programmer adalah membuat program berdasarkan spesifikasi proses yang ditetapkan oleh perancang aplikasi. Hasil dari pekerjaan ini tentu adalah program yang dapat dijalankan,baik secara mandiri atau sebagai modul yang digunakan oleh modul atau program lain. Program yang dihasilkan itu sendiri,seharusnya terbebas dari kesalahan sintaks tetapi juga harus bebas dari kesalahan logika. Untuk mengetahui bahwa program yang dibuat sudah terbebas dari kesalahan maka harus dilakukan pengujian terhadap program tersebut.

*. Pengujian

Pengujian program harus dilakukan pertama kali oleh pemrogram itu sendiri, setelah itu baru diserahkan dan dilakukan pengujian oleh penguji (tester) program. Bahan untuk pengujian harus disiapkan oleh perancang aplikasi atau pengguna. Bahan untuk pengujian suatu modul program akan terdiri atas banyak data dan prosedur. Setiap data dan prosedur disebut sebagai kasus uji (test case).

Satu modul akan memiliki banyak kasus uji. Mengapa? Karena di dalam suatu program atau modul, pada umumnya, di dalamnya akan terdapat lebih dari satu prosedur atau fungsi. Setiap prosedur dan fungsi akan memiliki kegunaan sendiri, maka sudah seharusnya setiap fungsi atau prosedur harus diuji. Pengujian pada level prosedur atau fungsi disebut sebagai pengujian pada level unit.

*. Permasalahan programmer

Permasalahan yang sering timbul dalam suatu proses pengembangan adalah :

-. Perilaku dari programmer yang bisa jadi cukup menjengkelkan manajemen, yaitu programmer tidak melakukan pengujian dengan baik dan benar. Terkadang programmer hanya memperbaiki program, kemudian melakukan kompilasi. Jika kompilasi sudah tanpa kesalahan, programmer menganggap bahwa program telah benar.

-. Spesifikasi program dari perancang aplikasi tidak selalu disertai dengan kasus uji, sehingga sering kali pengujian dilakukan oleh programmer tidak seperti yang diharapkan. Jadi ala kadarnya.

  1. Operator

Orang yang bertugas untuk mengoperasikan program yang telah dibuat oleh seorang programmer.

*. Tugas dari seorang operator adalah sebagai berikut :

-. Memelihara dan mengontrol fisik perangkat di ruang komputer.

-. Mengontrol dan mencatat kerja perangkat komputer dan perangkat pendukung ruang.mempersiapkan dan mengoperasikan perangkat dan media rekaman (disk/tape) sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

-. Membuat catatan mengenai kesibukan komputer untuk mendukung perancangan pekerjaan instalasi komputer.

-. Memproses data sesuai dengan ketentuan (waktu prioritas tahap proses, kelengkapan keluaran).

-. Menjaga keamanan benda inventaris, data program, paket dan informasi dari orang-orang yang tidak berhak.

-. Mencatat waktu operasi dan kebutuhan operasi ruang komputer.

  1. Teknisi

Orang yang mempunyai tugas untuk melakukan perawatan atau perbaikan terhadap peralatan komputer yang mengalami kerusakan dan menganalisa serta mencari solusi kerusakan yang ada pada sebuah komputer.

Interaksi antar komponen

Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer yaitu hardware,software,brainware,satu dengan yang lainnya berkaitan erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Contohnya adalah sebagai berikut,sebuah hardware tidak akan berfungsi bilamana tidak ada software yang menggerakkannya. Begitu pula software tidak akan berarti apa-apa bilamana tidak ada hardware.agar hardware dan software dapat berjalan seperti yang diharapkan maka harus ada seorang manusia yang mengoperasikannya,yang disebut brainware. karena komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya saling mendukung. Kesimpulannya ketiga elemen ini yaitu hardware,software,dan brainware harus memiliki suatu hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) satu dengan yang lainnya agar sebuah sistem komputer dapat menghasilkan informasi dan data yang dibutuhkan. Jadi Peranan manusia disini didalam interaksi ini sangat penting (vital) karena seperti yang sudah tertulis di bagian atas bahwa sebuah mesin komputer tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia (brainware) yang menjalankannya.

1. Bagian Dasar Komputer (Komponen-Komponen Komputer)

Komputer berisi banyak komponen elektrik, elektronik, dan mekanik, yang disebut piranti keras (hardware). Komponen-komponen ini termasuk media input, media output, sebuah unit, media penyimpanan, dan media komunikasi seperti terlihat pada gambar tersebut.

Perangkat Input

Perangkat input (input device) adalah komponen piranti keras yang kita gunakan untuk memasukan data dan perintah kedalam komputer. Contohnya : keyboard, mouse, mikrofon, pemindai, kamera digital, dan kamera vidio PC.

Perangkat Output

Perangkat output (output device) adalah komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada satu atau banyak orang. Contohnya adalah printer, monitor, dan pengeras suara.

Unit Komputer

Unit Komputer (system unit) adalah tempat yang terdiri atas komponen-komponen yang digunakan untuk memproses data. Sirkuitnya biasanya bagian dari atau tersambung dengan papan sirkuit yang disebut motherboard.

Dua komponen utama dari motherboard adalah Prosesor (processor), atau central processing unit (CPU), adalah sirkuit yang menerjemahkan dan menjalankan perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Memori (memory) terdiri atas komponen elektronik yang menyimpan perintah yang menunggu untuk dijalankan dan data yang dibutuhkan untuk perintah tersebut. Dimana memori menyimpan data secara sementara dan terhapus jika komputer dimatikan.

Perangkat Penyimpanan

Perangkat ini menyimpan data, perintah, dan informasi untuk penggunaan dimasa mendatang.

Contohnya computer dapat menyimpan ratusan atau jutaan nama dan alamat konsumen.

Komputer menyimpan data, perintah dan informasi dalam media penyimpanan (storage media) contoh media penyimpanan seperti, floppy disk, Zip disk, USB flash drive, harddisk, CD, DVD, Tape, dan memory card serta Mobile Storage Media lainnya.

Perangkat Komunikasi

Perangkat komunikasi (communication device) adalah komponen peranti keras yang membuat komputer mengirimkan (memancarkan) dan menerima data, perintah dan informasike dan dari satu atau banyak komputer. Media umum yang digunakan adalah modem.

Komunikasi berlangsung melalui kabel, sambungan telepon, jaringan radio seluler, satelit dan media transmisi lainnya.

2. Kemampuan dan keterbatasan Komputer

Performa komputer sering diukur pada kecepatan dari processornya, tetapi perlu kita ingat bahwa kecepatan dan kemampuan processor hanyalah satu bagian dari keseluruhan sistem komputer.

Apakah otak manusia bisa disamakan dengan processor komputer?

Jika kita telaah lebih lanjut maka ada satu perbedaan mendasar antara otak dan processor, yaitu processor tidak mampu mendeteksi yang terkait dengan masalah : rasa, bau, perasaan/emosi, hati nurani, jiwa, roh dan nyawa serta "iman dan percaya". Sedangkan "otak" memilikinya.

Memang kadangkala processor lebih konsisten dalam membuat keputusan daripada kita, tetapi sekali lagi dalam pelaksanaannya tetap manusia yang pegang kendali.

Kemampuan mendasar, mampu bekerja 24 jam atau lebih

Keterbatasan, tetap harus didampingi oleh pengguna/manusia.

3. Perawatan Komputer

Ada beberapa tips yeng perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet diantaranya adalah :

· Sediakan UPS, Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba akan berdampak kurang baik pada PC, terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Morherboard. Terutama hardisk, hardisk perlu kesetabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track tecordingnya maka timbulah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika kita check lewat scandisk. Bad sector tidak bisa di isi file untuk operasional system maupun menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri. Karena itu di usahakan agar disediakan UPS atau External battery sebagai pengaman bila terjadi mati lampu maka komputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

· Stavolt, Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

· Bersihkan dari debu, biasanya CPU tower di taruh di samping meja user, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU, misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/RAM sering kali kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkan lah kompenen tersebut , pasang kembali dan nyalakan.

· Hindari kena Air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram air minum. Pernah kejadian keyboard saya kena air tanpa sengaja, akhirnya terjadilah konseleting pada lempegan di dalam keyboard , walau sudah dibersihkan dan dijemur sekalipun tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu ganti baru.

· Voltase, Untuk di Indonesia voltase memakai 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang, jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltase dari 220 ke110 volt. kalau tidak wah….kebakar pasti!…

· Sengatan petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. karena itu sediakan penangkal petir lebih baik.

· Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor.

· Demi keamanan data serta system komputer, Pasrikan sudah ada Antivirus dan selalu di update.

· Pastikan pula ada program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet(cokies)

4. Piranti Lunak Komputer

Piranti Lunak (Software), juga disebut program, adalah seperangkat perintah yang mengatakan kepada komputer apa yang harus dilakukan dan cara melakukannya.

Kita berinteraksi dengan sebuah program melalui antarmuka (interface) penggunanya. Dapat berupa antar muka grafis (GUI), menggunakan teks, dan gambar seperti ikon.

Dalam katagori besar piranti lunak dibagi menjadi dua bagian yaitu :

· Piranti Lunak Sistem

· Piranti Lunak Aplikasi

5. Piranti Lunak Sistem

Piranti Lunak Sistem (System Software), terdiri atas program-program yang mengontrol atau mempertahankan operasi dari komputer dan alat-alatnya.

Bertindak sebagai antarmuka antara pengguna, piranti lunak aplikasi dan piranti keras komputer.

Dua jenis piranti lunak sistem, yaitu sistem operasi dan program utilitas.

Sistem Operasi, adalah seperangkat program yang mengkoordinasikan seluruh aktifitas piranti keras komputer. Adalah alat bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer dan piranti lunak lainnya.

Program Utilitas, adalah membantu pengguna menjalankan tugas berjenis pemeliharaan yang biasanya berhubungan dengan pengaturan komputer, peralatannya, atau programnya.

Kebanyakan sistem operasi memiliki beberapa program utilitas untuk mengatur disk drive, printer, dan peralatan lainnya.

6. Piranti Lunak Aplikasi

Piranti Lunak Aplikasi (Application Software), terdiri atas program yang dirancang untuk membuat pengguna menjadi lebih produktif dan/atau untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas pribadi.

Jenis piranti lunak aplikasi yang digunakan secara luas terkait dengan komunikasi adalah WEB Browser, yang berguna bagi pengguna dengan sambungan internet untuk mengakses dan melihat halaman WEB.

Piranti lunak lainnya yang populer adalah pritanti lunak pengolah kata, spreadsheet, basis data, dan presentasi. Yang membuat pengguna mampu mengerjakan berbagai macam tugas.

7. Instalasi dan Eksekusi Program

Instalasi (installing) adalah proses memasang piranti lunak untuk bekerja dengan komputer, printer atau komponen piranti keras lainnya. Ketika piranti lunak sudah terpasang kita dapat menjalankan program (run). Komputer akan mengambil data program tersebut dari media penyimpanan ke memori. Dimemori komputer dapat mengeksekusi (execute) perintah-perintah program tersebut.

8. Graphical User Interface (GUI)

Merupakan interface buat pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan komputer dan aplikasi lainnya. Bentuk interface berbasis GUI dapat dilihat pada gambar berikut :

Fungsi-fungsi user interface. User interface biasanya memungkinkan user untuk melakukan hal berikut ini:

· Menjalankan (launch) program-program aplikasi

· Mengelola disk dan file: anda dapat memformat hardisk atau disket baru, mengkopi file dari satu disk ke disk lainnya, merubah nama file, menghapus file, dan sebagainya

· Mematikan komputer secara aman dengan mengikuti prosedur shutdown atau mematikan komputer dengan benar, hal ini perlu dilakukan untuk menjaga hard disk dari kerusakan ataupun file-file yang dapat rusak akibat mematikan komputer dengan cara yang tidak benar.

Jenis-jenis user interface :

· Graphical

· Menu-driven

· Command-line

User interface yang paling populer adalah graphical user interface (GUI) dimana user dapat memberikan perintah melalui suatu grafik atau gambar yang bisa diklik dengan mouse ataupun keyboard (misalnya icon program). Program aplikasi biasanya juga menyediakan perintah melalui menu-driven, sebagai contoh pada aplikasi seperti MS Word, terdapat menu yang dapat diakses baik dengan mouse ataupun keyboard. User interface berupa command-line memerlukan perintah yang anda harus ketikkan dengan prosedur pengetikan yang tertentu, biasanya command-line ini dapat ditemukan pada DOS (disk operating system) ataupun sistem operasi seperti UNIX dan LINUX

9. Menghidupkan Dan Mematikan Komputer yang Benar

Untuk memulai pengoperasian komputer, ada prosedur baku yang harus kita lakukan, yaitu :

· Pasangkan kabel ke stopkontak.

· Tekan tombol ON pada penstabil tegangan (Stabilizer), CPU, dan monitor. (jika ada)

· Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).

· Setelah proses Booting selesai, di layar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. (jika menggunakan password)

· Setelah selesai muncul desktop. Pada tahap inilah, komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain mengetahui cara yang benar untuk menghidupkan komputer, andapun harus mengetahui cara mematikannya. Cara yang benar untuk mematikan komputer adalah sebagai berikut:

· Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup.

· Pada menu Pull-down Start, klik Shutdown-OK (windows 98) atau klik Turn Off computer-Turn Off (windows XP). Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan ‘windows is shutting down’ (windows 98). Setelah itu computer akan mati dengan sendirinya.

· Tekan tombol OFF pada monitor, CPU dan penstabil tegangan.

Prosedur-prosedur tersebut, harus anda kerjakan secara berurutan. Dengan demikian komputer anda akan dapat berusia lama.

Booting?

Adalah sebuah proses menjalankan atau mengulangi menjalankan sebuah komputer.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Demikian makalah tentang wawasan sebuah sistem informasi yang kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Kesimpulan
Jadi pada dasarnya elemen dasar sistem komputer terbagi menjadi tiga yaitu : Hardware, Software, dan Brainware.
Dengan mengetahui kinerja elemen-elemen yang ada didalam komputer, diharapkan pengguna komputer dapat benar-benar digunakan dan dimanfaatkan dengan lebih efektif dan efesien.

DAFTAR PUSTAKA

1 http://belajar-komputer-mu.com

2 http://say2revolution.wordpress.com

3 www.total.or.id

4 www.forumkami.com

5 www.pdf-search-engine.com

6 www.soantara.com

7 www.brainware-logic.blogspot.com

8 www.pdfdatabase.com

9 www.scribd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar